Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat

 

Indeks Kepuasan Masyarakat adalah sebuah indeks dari hasil dari survey kepuasan pelanggan (masyarakat) yang merupakan upaya untuk melakukan perbaikan Divisi Pelayan Public (Masyarakat). Indeks Kepuasan Masyarakat ini atau disingkat IKM adalah hal yang penting untuk dilakukan di instansi atau organisasi Pemerintahan dan biasanya improvement terjadi disebabkan adalah laporan IKM ini Siklus pelayan public terjadi selama 1 kali siklus adalah 12 bulan dan jika unit tersebut bersungguh-sungguh di dalam melakukan Improvement maka harus melakukan upaya evaluasi yang tercatat dalam bentuk survei kepuasan pelanggan atau disebut juga indeks kepuasan masyarakat

Kami dari PT Inovasi Sigma Perkasa memiliki kemampuan dan kami terdiri dari 20 orang konsultan yang siap membantu Organisasi atau Instansi dalam menjalankan pekerjaan Survey Kepuasan Pelanggan (Indeks Kepuasan Masyarakat) dimanapun Perusahaan/Organisasi Bapak/Ibu berada. Pengalaman kami di dalam melakukan kegiatan ini dimulai dari tahun 2014 yaitu di Kementrian Kesehatan dan pada tahun 2015 di BPOM

Indeks Kepuasan Masyarakat terdiri dari 9 indikator (unsur) yang diukur menurut amanah Peraturan MenPANRB nomer 16 Tahun 2014 yaitu meliputi : 1, Persyaratan yaitu syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif, 2 Prosedur yaitu tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan, 3 Waktu pelayanan yaitu jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan, 4 Biaya/Tarif yaitu ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya  ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat, 5 Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan yaitu hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan, 6 Kompetensi Pelaksana yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman, 7 Perilaku Pelaksana yaitu sikap petugas dalam memberikan pelayanan

Kami dari Inovasi Sigma Perkasa memiliki pengalaman melakukan kegiatan ini sejak tahun 2014 dan kami menawarkan kerjasama kepada instansi pemerintah untuk dapat menghubungi kami dan team kami siap melayani jasa ini di seluruh Indonesia. Kami dapat dihubungi di 021-83793905, 082125703737, inovasisigma@gmail.com

IKM atau Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan bukan hanya untuk mendapatkan data kuantitatif namun juga berupa data kualitatif. Kami memahami hal tersebut maka kami akan menjalani pekerjaan ini meliputi ; (1) pembuatan kuisioner (2) sebar angket atau kuisioner (3) olah data (4) membuat laporan dan mempresentasikan laporan.