Kamus Kompetensi

Kamus Kompetensi adalah panduan untuk mengukur perilaku karyawan dengan beberapa level yang disebut sebagai level provisiensi. Kamus kompetensi dibutuhkan untuk mengkuantifikasi  ukuran perilaku yang tentunya kita bisa pahami bahwa perilaku bersifak kualitatif (bukan kuantitatif). Kamus kompetensi merupakan bagian terpenting di dalam melakukan implementasi dari CBHRM (Competency Base Human Resource Management) yang sering disebut juga dengan nama lain Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi.

Pekerjaan untuk membuat Kamus Kompetensi akan erat kaitannya dengan pembuatan Standar Kompetensi Jabatan (Competency Profiling) dan semua hal tersebut merupakan bagian dari Model Kompetensi. Bagaimana caranya membuat Model Kompetensi atau Peta Kompetensi (akan dijelaskan pada pembahasan lainnya).

Mengapa sebuah perusahaan  perlu memiliki kamus kompetensi maka tidak akan terlepas dari pembahasan mengapa sebuah perusahaan memerlukan Kompetensi di dalam mengukur perilaku karyawan nya? atau Apakah manfaat Kompetensi bagi Perusahaan? Maka kami akan menjelaskan bahwa secara umum, perusahaan menggunakan 2 ukuran di dalam mengukur karyawannya yaitu mengukur kinerja dengan KPI dan mengukur Keahlian dengan nama lain yaitu mengukur Kompetensi. Dua sisi ini memang tidak bisa dilepaskan yaitu munculnya kinerja disebabkan adanya keahlian (kompetensi) sedangkan mungculnya kompetensi bisa ditarik dari adanya kesadaran bahwa dia harus memberikan kinerja terbaik sehingga kompetensi nya perlu ada untuk bisa menghasilkan kinerja terbaik itu. Jika kompetensi bagus maka KPI pun akan bagus namun bisa saja ada kejadian bahwa seseorang memiliki kompetensi yang bagus namun kinerjanya NOL. Mengapa ini bisa terjadi? Inilah yang disebut Problem Career (person di dalam perusahaan yang punya problem dalam karirnya karena dia pinter, dia ahli dan ketika bekerja ternyata kinerja nya NOL, mungkin hanya banyak bicara dan banyak konsep saja namun kemampuan mendeliver pekerjaannya tidak ada). Untuk itulah mengapa penting mengukur keahlian seseorang berupa perilaku di dalam sebuah format yang disebut sebagai Kamus Kompetensi.

Adapun kamus kompetensi tersebut terbagi menjadi 2 jenis yaitu Technical Competency dan Soft Competency. Kami dari PT Inovasi Sigma Perkasa dapat membantu Organisasi/Perusahaan di seluruh Indonesia dalam membuat kamus kompetensi dan biasanya bobot pekerjaan kami adalah di dalam pembuatan Kamus Kompetensi yang Soft Competency. Adapun pembuatan kamus kompetensi yang Technical kami akan memandu di dalam sebuah workshop dimana di dalam workshop tersebut telah terdisi dari pakar dibidangnya (bidang technical) dan kami akan membantu dalam melakukan proses interview dan membekali peserta untuk dapat melakukan hal yang kami lakukan kemudian finishing dari pekerjaan ini tetaplah ada team internal perusahaan tersebut. Kami hanya mendampingi di proses awalnya saja.

Kamus kompetensi yang telah dibuat biasanya bisa digunakan dalam waktu 5-6 tahun dan diupayakan untuk tidak berubah karena jika berubah maka akan menyebabkan perubahan pada sistem remunerasi dan lainnya. Adapun jika dalam durasi 5-6 tahun perusahaan hanya memiliki tambahan divisi sedikit saja atau tambahan nama jabatan sedikit saja, maka bisa dilakukan adjustment saja. Setelah durasi waktu yang cukup panjang, jika bisnis perusahaan mengalami pertumbuhan yang pesat dan arahnya memang sudah berbeda maka bisa dilakukan review terhadap kamus kompetensi. Kami memiliki juga pelatihan yang terkait dengan hal ini dengan judul pelatihan adalah Human Resource Professional Certification atau judul lainnya yaitu Competency Profiling atau bisa juga mengikuti pelatihan lainnya dengan judul Behavioral Event Interview. Adapun step -step di dalam pembuatan kamus kompetensi akan kami jelaskan di dalam tulisan lainnya. Hubungi kami di 021-83793905, 082125703737, inovasisigma@gmail.com, www.inovasisigma.net.