Knowledge Management Advanced for Knowledge Management Division

Knowledge Management Advanced for Knowledge Management Division

Knowledge Management (KM) diperlukan bila hal ini terjadi di organisasi Anda:

  1. Ketika ada banyak “re-inventing the wheel”, yaitu ketika tugas-tugas yang seharusnya bisa cepat diselesaikan mengalami penundaan karena dilakukan dari awal, tanpa ada proses pembelajaran antar team (people) di dalam organisasi tersebut The learning of other people from the organization Dalam hal ini KM diperlukan untuk mengetahui apa yang organisasi tahu (KM is needed to know what the organization knows)
  2. Ketika pengetahun organisai hanya tersipan pada beberapa individu kunci, maka KM dibutuhkan untuk mengalirkan pengetahuan tersebut sehingga menjadi milik organi- Fenomena ini lebih dikenal sebagai “walk-out pengetahuan” atau “brain drain” Kasus ini, maka KM dibutuhkan untuk menjaga pengetahuan yang menjadi asset bagi perusahaan (KM is needed to retain and keep knowledge)
  3. Ketika organisai stagnan, pasar dan kompetensi karyawan tidak bertumbuh sehingga perusahaan sulit sekali menghadapi persaingan, pada kasus ini KM diperlukan untuk memperkaya pengetahuan organisasi (KM is needed to enrich the organizations knowledge)

Inilah diantara alasan mengapa semua organisasi membutuhkan Knowledge Management, untuk satu tujuan utama yaitu meningkatkan Intagible Asset dari perusahaan termasuk hubungannya dengan HRD yaitu memudahkan dalam mengkader SDM ya-ng ada di dalam perusahaan, karena budaya knowledge sharing yang akan dihidup-kan di dalam organisasi  Masih banyak alasan lainnya yang lebih dalam dan lebih visioner dari tiga alasan diatas, seminal untuk inovasi dan seterusnya

Tujuan Training ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan,dan sikap dalam pemanfaatan Knowledge Management (KM) dalam mendukung tugas dan fungsi pada organisasi atau unit masing-masing peserta Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan hasil pelatihan dengan men-jalankan tahapan dalam implementasi Knowledge Management yang meliputi:

  1. Assessment Organisasi
  2. People dalam organisasi untuk mau membudayakan Sharing Knowledge
  3. Menyiapkan Proses (SOP, dll) dalam Organisasi untuk menjalankan Knowledge Management

Facilitator :

R,R Tentamia Semiawan

R,R Tentamia Semiawan, telah lebih dari 31 tahun berkarir di PLN dalam berbagai posisi dan jabatan antara lain bidang pe-rencanaan proyek kelistrikan, operasi dan logistik, pengenda-lian proyek, Komite Pengawas , dan sebagai direktur pada pe-rusahaan affiliasi PLN dan yang paling penting adalah jabatan terakhir sebagai Vice President Knowledge Management

R,R Tentamia Semiawan juga bersertifikat praktisi Knowledge Management, sampai saat ini masih berkecimpung dalam ke-giatan membangun Knowledge Management di beberapa orga-nisasi antara lain PT ASKES, PT Badak NGL, Yayasan LIA, Puslitbang Tekmira ESDM dan menjadi Panelist Indonesian MAKE (Most Admired Know-ledge Enterprise ) Study

Investasi : Rp 6,500,000,- / peserta